usaha or kerja

blog ini menyajikan tentang lowongan kerja dan usaha bagi yang berminat. adapun yang dimaksud dengan usaha ini berkaitan dengan usaha untuk meningkatkan kualitas diri dalam dunia kita dengan mengikuti lomba-lomba yang diadakan kementrian. sedangkan untuk lowongan kerja, bisa bermanfaat untuk para lulusan yang berijazah untuk mendapatkan hoki... semoga berhasil, guys!

Thursday 9 June 2016

Romansa Geologi di Rawa Pening





Ada saatnya, kita merileks-kan pikiran kita. Ya, karena rileks itu menjadi kebutuhan dasar bagi para pekerja yang selalu “bercumbu” dengan setumpuk tugas. So, saatnya tentukan destinasinya!

Jika mau mendekatkan dengan alam, ada kalanya memilih unsur gunung dan air dalam satu sorotan mata. Yakni, Rawa Pening. Rawa Pening ini berada di perbatasan 4 kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang,  dan Banyubiru. 4 kecamatan ini berada di kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk bisa mengelilingi Rawa Pening paling mudah menggunakan kereta wisata dari Museum Kereta Api ambarawa.Rute dimulai dari museum kereta api hingga stasiun Tuntang. Rute tersebut melewati pinggiran Rawa Pening. 



Secara geologi, Rawa Pening terletak di cekungan terendah dari 3 gunung yaitu gunung Merbabu, gunung Telomoyo, dan gunung Ungaran. danau ini dangkal dan menjadi hulu bagi sungai Tuntang.


BLH Provinsi Jawa Tengah (2009) menyatakan bahwa berdasarkan struktur geologi, Danau Rawapening terbentuk pada satuan geologi Jawa Tengah bagian tenggara yang disebut zona Solo. Diperkirakan danau ini terbentuk pada akhir Pleistosen oleh adanya gerakan endogen bumi yang mengangkat bagian luar(up lift) dan menenggelamkan bagian tengah (subsidence). Bagian yang terangkat kemudian dikenal dengan Igir Payung Rong dan membendung Kali Tuntang. Sedangkan bagian tengah yang tenggelam kemudian terisi air dan dikenal sebagai Danau Rawapening. Selanjutnya bendungan ini disempurnakan atau ditinggikan oleh pemerintah Belanda dengan membangun dam pada tahun 1912 hingga1916. Kemudian danau ini diperluas pada tahun 1936 hingga mencapai luas 2.667 hektar.

Jika kita ke rawa pening, maka kita akan merasa dikelilingi beberapa gunung, hamparan air, suasana sejuk, dan bertabur dengan alam dengan naik sampan. harganyapun murmer (murah meriah). So, mari kita wisata!




No comments:

Post a Comment