usaha or kerja

blog ini menyajikan tentang lowongan kerja dan usaha bagi yang berminat. adapun yang dimaksud dengan usaha ini berkaitan dengan usaha untuk meningkatkan kualitas diri dalam dunia kita dengan mengikuti lomba-lomba yang diadakan kementrian. sedangkan untuk lowongan kerja, bisa bermanfaat untuk para lulusan yang berijazah untuk mendapatkan hoki... semoga berhasil, guys!

Saturday 28 May 2016

Tips untuk Tetap Sehat di Tempat Kerja


Hasil gambar untuk kerja kursi duduk meja
Anda bekerja di depan komputer? Entah jadi programmer, kantoran yang sibuk ngetik administrasi, akuntan yang lagi rekap pajak, atau mengelola toko on line. Yap, baik pekerjaan dinas maupun freelancer ini mengkombinasikan antara aktifitas fisik dan aktifitas otak untuk membuahkan suatu karya bahkan sallary.

Ada beberapa pekerjaan yang sedikit menggunakan aktifitas fisik tetapi lebih banyak memeras pikiran. Ya, terutama pekerjaan yang duduk di meja dan di depan layar computer sepanjang hari  atau duduk di mobil tiap hari. Pekerjaan ini berkontribusi gaya hidup obesitas.

Tanpa disadari, gaya hidup obesitas ini dikarenakan kebiasaan makan yang tidak sehat, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan pilihan pola makan yang buruk. Tahu-tahu lingkar pinggang bertambah karena banyak orang duduk di meja 40 jam seminggu.

Yap, pekerjaan yang satgan di meja dapat menyebabkan meningkatnya nafsu memakan makanan impulsif, yang tidak membantu kesehatan Anda. Donat, permen, keripik, teh, kopi atau cemilan lainnya. Jenis-jenis makanan ini tinggi kalori karena tinggi gula. Gula yang orang biasa dimakan dapat menerjang di kemudian hari sehingga dapat melumpuhkan kesehatan Anda.

Nah, berikut merupakan beberapa tips tetap sehat meski kerjanya stagnan di meja:
1.      Menggantikan gula diproses dengan gula alami. 
      Gula alami ini didapat dalam buah-buahan segar seperti apel, jeruk, dan pisang. Sepotong buah memiliki kalori yang sepadan dengan sekantong keripik. Dan juga, buah ini mengandung serat yang tinggidan antioksidan yang bagus untuk kesehatan.
2.      Konsumsi sayuran untuk mengurangi dehidrasi.
Konsumsi kacang mentah, almond atau mentega mete, atau sayuran untuk menjaga diri terhidrasi dengan air. Sayuran dan kacang-kacangan yang mengandung serat tinggi ini bisa meningkatkan produktivitas dan membantu Anda tetap bugar di tempat kerja.
3.      Perhatikan postur tubuh yang tepat.
Postur tubuh yang buruk buruk dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Kebiasaan terlalu lama kerja duduk dan berhadapan computer di meja punggung dapat menjadi sakit bahkan stres karena overpressure dari pak bos. Anda mungkin merasa sensasi terbakar atau sesak tepat di atas otot-otot gluteus. Solusinya, duduk tegak. Pastikan bahu Anda tidak bulat maju, di perut bagian bawah tidak cekung, dan punggung Anda tidak melengkung.
4.      Menggabungkan gerakan otot ringan dalam pekerjaan Anda.
Fasilitas kantor yang super istimewa membuat Anda kurang melakukan aktifitas fisik. Adanya lift yang mempermudah arus gerak merupakan contoh kecilnya. So, mulai gerakan otot yang ringan dengan naik turun tangga, berjalan-jalan pada istirahat makan siang, dan melakukan peregangan otot tangan. Hal ini dikarenakan duduk yang terlalu lama menyebabkan tekanan pada punggung, terutama jika Anda membungkuk. Penting bagi Anda,untuk mengurangi tekanan dengan menggerakkan di meja Anda. Kurangnya gerakan tulang belakang menyebabkan sendi-sendinya jadi kaku sehingga badan terasa pegal-pegal. So, jangan hanya duduk di sana. Membuat satu atau dua langkah, atau tiga, atau empat!
5.      Ambil istirahat dan lakukan aktifitas kecil.
Aktifitas kecil bisa dilakukan di setiap jam. Misalnya, memantul bola dapat membantu merileksasi otot yang kaku dan menstabilkan otot-otot tulang belakang. Berdiri sebentar untuk mendapatkan secangkir air, atau pergi ke mesin fotokopi, atau pergi ke kamar mandi untuk mengembalikan kelengkungan alami dari tulang belakang. Anda bahkan mungkin perlu waktu untuk menyendiri di rumah setelah bekerja terlalu lama. Atau, melakukan yoga dan pilates untuk meredakan ketegangan dan menjaga Anda tetap sehat di tempat kerja.

Mari, kita kerja kita sehat

No comments:

Post a Comment